Skip to main content

Cara mengatasi MySQL yang tidak bisa distart di XAMPP

Di tutorial ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi MySQL yang tidak bisa distart. Di sini ada banyak cara yang perlu anda lakukan.



Cara 1 :
Dulu saya pernah mengalami hal seperti itu. Ketika saya mengklik start pada MySQL, tulisan Stop pada MySQL tidak muncul - muncul. Penyebabnya adalah memindahkan file – file XAMPP dari C ke D.
Tapi itu belum ada tanda error. Karena tidak ada respon running, saya tutup saja XAMPP lalu saya buka kembali XAMPP-nya. Muncul pernyataan seperti ini :
9:15:58 PM  [mysql]         MySQL Service detected with wrong path
9:15:58 PM  [mysql]         Change XAMPP MySQL settings or
9:15:58 PM  [mysql]         Uninstall/disable the other service manually first
9:15:58 PM  [mysql]         Found Path: ERROR: Not Able To Open Service Manager
9:15:58 PM  [mysql]         Expected Path: c:\xampp\mysql\bin\mysqld.exe --defaults-file=c:\xampp\mysql\bin\my.ini mysql
9:15:58 PM  [mysql]         Problem detected!
9:15:58 PM  [mysql]         Port 3306 in use by "mysqld-nt.exe"!
9:15:58 PM  [mysql]         MySQL WILL NOT start without the configured ports free!
9:15:58 PM  [mysql]         You need to uninstall/disable/reconfigure the blocking application
9:15:58 PM  [mysql]         or reconfigure MySQL to listen on a different port
Sesungguhnya saya tidak begitu paham penyebab dan cara mengatasinya yang tertera di atas. Tapi saya  berusaha untuk mencari solusinya. Saya browsing di internet tapi tidak menemukan solusi yang pas. Saya pernah menemukan solusi di internet yang mirip seperti artikel ini tapi menurut saya itu tidak lengkap dan tidak berhasil. Beberapa lama kemudian, saya berhasil menemukan solusinya. Langkah – langkahnya yaitu :
1.      Pertama – tama, buka XAMPP dengan klik Kanan --> Run as administrator. kita klik Services (berada di sebelah kanan di bawah Explorer).

2.      Muncul layar Services,scroll ke bawah dan cari tulisan “mysql” lalu pilih “mysql”.

3.      Pada mysql klik stop the service untuk menghentikan running.

4.      Kita kembali ke XAMPP Control Panel. Selanjutnya, klik tanda centang di sebelah kanan mysql untuk mengunistall mysql.

5.      Lalu klik Start pada MySQL dan ternyata berhasil di-start dan berubah menjadi tulisan Stop.

6.      Terakhir, klik Admin pada MySQL dan akhirnya berhasil.



Muncul tampilan phpMyAdmin seperti gambar di bawah ini.

Sekian mengenai cara mengatasi MySQL yang tidak bisa distart/running dan sekarang anda bisa membuat database. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Comments

  1. makasi bang....gw sukses pecahin mslh gw berkat anda,,thanks yah!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyh gw juga bisanya disini di yt gw malah kaga bisa sialan thank berat bro akhirnya bisa juga gw

      Delete
  2. Apaan orang di ane klik gak muncul centangnya

    ReplyDelete
  3. bang, punya ane di service blom running. gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung langkah ke 4 yaitu ubah dari tanda centang menjadi tanda silang dengan uninstall MySQL.

      Delete
  4. gan ...punyaku mysqlnya tak cari di service gak ketemu lo... tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  5. makasih gan,,,tapi kayaknya xamp aku emang ngc bisa,,,ngc ada servis nya

    ReplyDelete
  6. gan,masih ga bisa kenapa ya? padahal tanda centangnya udah hilang jdi tanda silang?

    ReplyDelete
  7. gan,masih ga bisa kenapa ya? padahal tanda centangnya udah hilang jdi tanda silang?

    ReplyDelete
  8. Terima kasih gan, sangat membantu!
    Sukses selalu!

    ReplyDelete
  9. g bisa dicentang gan

    ReplyDelete
  10. Ko d service nya kagak nemu mysql nya itu kenapa ya

    ReplyDelete
  11. kalo ga ada tulisan mysqlnya di service,,,jadi yg bermasalah dmn nya nih bang..

    ReplyDelete
  12. bang, kalo dimatikan tak diulang dari awal kan ??

    ReplyDelete
  13. mohon pencerahannya mas mba ,, mysql apache saya gk bisa di centang..
    mohon solusinya ,...terimakasih

    ReplyDelete
  14. langsung ke nomor 4 aja agan-agan , setelah itu di start

    ReplyDelete
  15. Saya habis install game offline yang pake mysql buat bikin server.. setelah itu mysql di xampp gak bisa start .. apa itu ngaruh gara" mysql yang digunakan di xampp?

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. makasih bang atas tutornya jadi gak mesti repot2 delet data1

    sekalian bang mampir
    blog edisuryanegaraharahap

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Terimakasih infonya gan.. Sangat bermanfaat dan membantu..
    My blog

    ReplyDelete
  20. Thanks banget gan.. sekarang ane bisa selesain MySQL tuh yang tadinya tidak bisa di jalanin .. sekarang bisa .. thanks ya gan.
    .. yang di atas comentar.nya marah marah kaga jelas knapa..:D makanya om kalo pengen sukses itu berawal dari kecerdasan dan semangat and Fokus. jangan liatin cara caranya sambil melamun:D Sorry om .. lagi semangat aje ane ^_^

    ReplyDelete
  21. THANK'S banget, mas... sekian lm masalah ane terpecahkan dr berbagai site cm ini yg bener..... kan sblmnya cm sy ganti port dan itu bikin file config d cms hrs dirubah dr defaultnya

    ReplyDelete
  22. Makasih bro...sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  23. Akhirnya fix juga error ini :D

    Udah lama masalah ini muncul di XAMPP saya, tapi rasanya males banget buat nyari solusinya.

    Dan pada akhirnya, saya bulatin tekad untuk nyari solusinya.

    Terima kasih.

    Afaea

    ReplyDelete
  24. Kan udah berhasil kak, tapi kenapa ga bisa buka localhost/phpmyadmin/ yah kak?

    ReplyDelete
  25. tidak bisa d ceklis bang gimana tuh?

    ReplyDelete
  26. Kakak mohon bantuannya. Saya sudah mengikuti cara diatas tapi blum berhasil knp ya ?

    ReplyDelete
  27. Makasih min udah kasih tau infonya ternyata ini berhasil,thankyou so much

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. mantap gan tipsnya! kunjungi juga blog anehanyainfo.com

    ReplyDelete
  30. thank you so muchhhhhhhhhhhhhhhhhh , the best for you

    ReplyDelete
  31. mlm juragan....mengapa gambar phpmyadmin nya tidak muncul,padahal setting sudah benar

    ReplyDelete
  32. mas, klo MySQL nya yang di services.msc ter disable gimana cara meng enable kannya mas!

    ReplyDelete
  33. thanks banget ya tadinya mysql nya running cuma bentar tiba2 stop sendiri. aku ngikutin tutorial ini sangat membantu. dan sukses bisa running kembali.. hehehe

    ReplyDelete
  34. Saya di service tidaka ada bacaan mysql

    ReplyDelete
  35. terimakasih informasinya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi website saya:http://elsasutina.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : http://www.stmik atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  36. Thanks infonya gan, sang at membantu. Akhirnya bisa jalan :D

    ReplyDelete
  37. Mantap om.. Sukses nih. Thankz om..

    ReplyDelete
  38. Mantap om.. Sukses nih. Thankz om..

    ReplyDelete
  39. Makasih gan!! akhirnya bisa :D... hehehe

    ReplyDelete
  40. Makasih bang clear ini masalh hampir 4 jam gw ubek ubek xampp, gara gara gw instal lgi mysql server yg sendiri, udah gw ubah port nya tetap aja gk jalan, dan akhirnya pke ilmu lu bang Alhamdulillah berhasil....

    ReplyDelete
  41. Makasih bang. Ini beneran ngebantu bangettttt

    ReplyDelete
  42. makasih banyakk banggg berhasilll mantull

    ReplyDelete
  43. Twesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now.

    ReplyDelete
  44. it will give you a detailed insight into your partner’s personality and then, you will have a brillentand better idea about the strong points of your partner.

    ReplyDelete
  45. Sudah dicoba dan berhasil, tengkyu ya semoga berkah ilmu nya

    ReplyDelete
  46. Gan, di bagian servicenya itu ngga ada tulisan mysql, harus kyk gmn dong?

    ReplyDelete
  47. Terimakasih Master....sangat berguna

    ReplyDelete
  48. Thanks bang
    Setelah install uninstall xampp sama antivirus terus ternyata solusinya gini ����

    ReplyDelete
  49. waaah bisa,, makasii banget yaa

    ReplyDelete
  50. sumpah bang demi apa, Terima Kasih banyak, punya saya berhasil. semoga lancar rejekinya bang amin. xampp saya versi 3.2.2 workk

    ReplyDelete
  51. What a fantabulous post this has been. Never seen this kind of useful post. I am grateful to you and expect more number of posts like these. Thank you very much 먹튀폴리스

    ReplyDelete
  52. aku coba" tetep gabisa:'
    dan berakhir, install ulang;'

    ReplyDelete
  53. Terimakasih banyak, artikel yang sangat bermanfaat. Akhir-akhir ini saya memiliki mimpi bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik. arti mimpi

    ReplyDelete
  54. Tengks banyak untukmu... berkat artikelmu ini saya bisa lega skrg.. panjang umur & mudah rejeki atasmu.. GBU

    ReplyDelete
  55. Maap mau nanya, pas si servicenya ko yg aku gada mysql ya:(

    ReplyDelete
  56. tnkas cukup membantu selama bbrpa minggu saya error utk start...

    ReplyDelete
  57. terimakasih banyak bangg .. akhirnyaa permasalahan ku selama ini bisa teratasi karena udh nonton semua tutorial di yt ga ada yg berhasil dan udah hopeless bgtt . makasi banyak !

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Masalah pada Flashdisk : File-nya Menjadi Shortcut Dan Muncul RunDLL Error (Malware)

       Suatu hari, saya pergi ke tempat printer/fotocopy. Pertama-tama, saya mulai mencolokkan flashdisk ke PC. Setelah dicolokkan tiba - tiba muncul virus yang menggrogoti flashdisk. Di dalam flashdisk, terdapat file berupa shortcut dan ketika dibuka shorcutnya maka akan muncul seperti ini.

Cara Mengatasi Eclipse yang Gagal atau Tidak Bisa Membuat Project Baru

Hai agan dan aganwati, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi eclipse yang gagal atau tidak bisa membuat project baru terutama bagi kalian yang telah menginstall Aplikasi Eclipse secara terpisah seperti install JDK + SDK Manager + Eclipse. Setelah kita mencoba membuat Android Project tersebut, maka muncul masalah seperti gambar ini.